• 0527 62119
  • Jl. Abd. Hamidhan No. 125
  • Senin - Jum'at
Hulu Sungai Utara

Berita

Pj. BUPATI HSU TINJAU KORBAN BANJIR DI BANJANG & AMUNTAI UTARA

Pj. BUPATI HSU TINJAU KORBAN BANJIR DI BANJANG & AMUNTAI UTARA

Amuntai – Dengan mengendarai perahu dan klotok Pj. Bupati Hulu Sungai Utara mendatangi langsung rumah – rumah warga yang terdampak banjir. Rabu Siang (23/11). Pj. Bupati Hulu Sungai Utara R. Suria Fadliansyah, M.Pd. yang didampingi Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, S.KM. M.Kes. dan Kapolres Hulu Sungai Utara AKBP. Moch Isharyadi Fitriawan, SIK beserta Plt. Kepala BPBD HSU Sugeng Riyadi bersama Camat Banjang Syarwani meninjau sekaligus menyerahkan 127 paket bantuan kepada korban bencana banjir di Desa Danau Terate, Kecamatan Banjang dan 97 paket bantuan Desa Tebing Liring, Kecamatan Amuntai Utara.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati HSU menyampaikan keprihatinannya terhadap warga yang terdampak banjir, terlebih yang berada di desa terisolir seperti danau terate. Ia juga menghimbau masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap debit air yang sewaktu – waktu mungkin akan meninggi, dan berharap warga dapat meningkatkan koordinasi dan Kerjasama dengan aparat pemerintah terlebih dengan aparat desa setempat, sehingga upaya penanganan dampak bencana banjir lebih maksimal dan tepat sasaran.

Kepada seluruh aparat desa, Pj. Bupati HSU berharap agar dapat memberikan pelayan kepada masyarakat, dan bersama – sama dengan Pemerintah Daerah bekerjasama dalam menanggulangi bencana banjir yang terjadi. Ia juga berpesan agar seluruh warga di HSU meningkatkan kesadaran dalam memelihara kebersihan lingkungan, salah satunya dengan tidak membuang sampah ke sungai, sehingga dapat mengurangi dampak dari bencana.

Sejak tanggal 21 November 2022 sampai dengan saat ini, Kabupaten Hulu Sungai Utara masih dalam Status Tanggap Darurat Bencana Banjir, Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor berdasarkan SK Bupati HSU  nomor 188.45/556/kum/2022. Putusan tersebut menimbang, bahwa dari kajian dilapangan menunjukkan keadaan yang mengancam kehidupan masyarakat di HSU, dan karena debit air yang terus meningkat.

Menurut data dari PUSDALOPS BPBD HSU pada tanggal 23 November 2022 saat ini Bencana Banjir menggenangi 8.526 buah rumah, 24.474 meter jalan , 74 buah fasilitas pendidikan, 6 buah fasilitas kesehatan , 36 buah fasilitas ibadah, 14 buah fasilitas umum, dengan 30.128 jiwa dari 10.121 KK terdampak dan  1 orang meninggal dunia.

Leave A Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.